PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
KELAS XII REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SMK NEGERI 1 PURBALINGGA
OLEH :
KELOMPOK 6 “PRIATIN”
1.
AWAL YULIANTO (13727)
2.
EBIT SETIAWAN (13730)
3.
HANAFI SAPUTRO (13734)
4.
PUTRA ANGGA
PRABIMA (13743)
SMK NEGERI 1 PURBALINGGA
JL. MAYJEND. SOENGKONO 34 PURBALINGGA
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT
serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi
Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari
kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi
seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas
proposal usaha Kentang Crispy ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini
adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Dra. Sugiyarti selaku Guru Prakarya & Kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai
hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami
dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui
kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya
kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia
dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman
dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh
karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami
harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini
bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Purbalingga, 04 September 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul.......................................................................................................................
Kata
Pengantar.......................................................................................................................
Daftar
Isi................................................................................................................................
BAB IPROFIL USAHA
A.
Deskripsi Umum
Usaha......................................................................................
B.
Visi, Misi, dan Tujuan.........................................................................................
C.
Jenis
Usaha.........................................................................................................
D.
Produk Yang
Dihasilkan.....................................................................................
BAB II KEGIATAN PASAR
DAN PEMASARAN
A.
Lingkungan
Usaha..............................................................................................
B.
Kondisi
Pasar......................................................................................................
C.
Rencana
Pemasaran.............................................................................................
BAB III ASPEK PRODUKSI
A.
Lokasi
Usaha......................................................................................................
B.
Fasilitas &
Peralatan
Produk...............................................................................
C.
Bahan
Baku.........................................................................................................
D.
Tenaga
Kerja.......................................................................................................
E.
Proses
Produksi...................................................................................................
F.
Kapasitas
Produksi..............................................................................................
G.
Biaya
Produksi....................................................................................................
BAB IV ASPEK KEUANGAN
A.
Biaya Pemasaran,
Administrasi, dan Umum.....................................................
B.
Pembiayaan dan
Penggunaan
Dana...................................................................
C.
Laba
Rugi...........................................................................................................
BAB V PENUTUP
Kesimpulan...............................................................................................................
BAB I
PROFIL USAHA
A.
Deskripsi
Umum Usaha
Dengan perkembangan
zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan
membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan
menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah,
memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal
inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak
begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah
kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga
yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia
yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas
maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha Kentang Crispy ini, karena
sebagian dari masyarakat sangat menyukai Kentang karena rasanya yang enak,
gurih dan nikmat. Kentang Crispy ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga
konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu,
Usus Kering ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk
mengkonsumsi Usus Kering ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kentang
Crispy ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi
hari.
Dengan alasan dan
landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha Kentang Crispy, dan usaha
kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: POTATO CRISPY.
Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli Kentang Crispy
kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan rasa.
B.
Visi, Misi, dan Tujuan
a.
Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b.
Misi
·
Memberikan
kualitas yang terbaik.
·
Memberikan
pelayanan yang terbaik
·
Memberikan
kepuasaan kepada konsumen
c.
Tujuan
Usaha
·
Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya.
·
Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
·
Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat.
·
Membudayakan
semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha.
C.
Jenis
Usaha
Kami bergerak di bidang makanan ringan. Kami memilih
kegiatan usaha “Kentang Crispy” karena telah disesuaikan dengan peraturan dalam
menjalani Praktek Kewirausahaan serta faktor pendukung yang memadai untuk
megembangkan kegiatan usaha ini.
D. Produk yang Dihasilkan
Produk yang
dihasilkan oleh kami. Salah satunya adalah Kentamg Crispy yang masih
jarang dijumpai di pasaran karena merupakan inovasi dan kreasi baru.
BAB II
ASPEK PEMASARAN
A.
Lingkungan
Usaha
Kegiatan usaha ini kami laksanakan di sekolah, khususnya di SMK Negeri 1
Purbalingga. Bidang usaha di bidang makanan
memiliki peluang yang menjanjikan, karena makanan merupakan kebutuhan primer
manusia, ditambah lagi dengan banyaknya siswa dan para Bapak/Ibu Guru SMK SMK Negeri 1
Purbalingga.
B.
Kondisi
Pasar
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama,
memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda
dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak,
ukuran yang lebih unik, harga yang
ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin
produk yang kami miliki mampu bersaing dengan peserta lainnya.
C.
Rencana
Pemasaran
Segmen pasar yang kami bidik
untuk kegiatan usaha ini adalah sekolah kami SMK Negeri 1
Purbalingga. Diperkirakan dengan
jumlah siswa-siswi dan para Bapak/Ibu Guru SMK Negeri 1
Purbalingga yang mencapai
kurang lebih 1000 jiwa. 70% adalah siswa siswi yang dijadikan
sasaran bidik pasar. Kegiatan usaha ini kami lakukan dengan proses promosi di
setiap kelas dan kantor guru. Kami juga berencana memasarkan
produk kami di warung warung sekitar rumah.
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai
berikut :
1.
Faktor
internal.
A.
Strengths
(Kekuatan)
·
Penyajian
dari Kentang Crispy ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam
penyajiannya.
·
Harga
dari Kentang Crispy ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua
kalangan masyarakat/konsumen.
·
Kentang
Crispy yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna
kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
·
Karna
Kentang Crispy ini mempunyai banyak rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa
yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
·
Perlengkapannya
mudah di dapatkan.
B.
Weakness
(Kelemahan)
·
Faktor
tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya
kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
·
Permintaan
dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
·
Faktor
kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
2.
Faktor
eksternal
A.
Opportunities
(Peluang / kesempatan)
·
Melihat
banyaknya masyarakat yang membutuhkan cemilan.
·
Sebagian
besar penjual Kentang Crispy yang ada hanya menawarkan rasa yang umum seperti
rasa Asin maka saya bermaksud untuk memberikan rasa yang baru yaitu rasa pedas
manis, keju, jagung bakar, barbeque.
·
Karna
Kentang Crispy ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang
tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
B.
Threats(Ancaman)
Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi cemilan - cemilan ini, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi cemilan - cemilan ini, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
A. DESKRIPSI LOKASI USAHA
Kegiatan usaha ini kami laksanakan
di sekolah, khususnya di SMK Negeri 1 Purbalingga. Kami
melaksanakan kegiatan usaha ini dalam mengikuti Ujian Praktek Kewirausahaan di
sekolah kami , SMK Negeri 1
Purbalingga Jl. Mayjend. Soengkono 34 Purbalingga. Bidang usaha di bidang
makanan memiliki peluang yang menjanjikan, karena makanan merupakan kebutuhan
primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya siswa dan para Bapak/Ibu Guru
SMK SMK Negeri 1 Purbalingga.
B.
FASILITAS
DAN PERALATAN PRODUKSI
Fasilitas yang
kami gunakan dalam memproduksi usaha dagang Kentang Crispy , adalah sebagai
berikut :
NO
|
JENIS ALAT
|
JUMLAH (UNIT)
|
DALAM RIBUAN (Rp)
|
Ʃ (DALAM RIBUAN Rp)
|
1.
|
PISAU
|
2
|
Rp.
5.000,00
|
Rp.
10.000,00
|
2.
|
TALENAN
|
2
|
Rp.
5.000,00
|
Rp.
10.000,00
|
3.
|
BASKOM PLASTIK
|
2
|
Rp.
10.000,00
|
Rp.
20.000,00
|
4.
|
WAJAN
|
1
|
Rp.
35.000,00
|
Rp.
35.000,00
|
5.
|
SODET & SEROKAN
|
1
|
Rp.
15.000,00
|
Rp.
15.000,00
|
6.
|
PEMOTONG
KENTANG
|
1
|
Rp.
5.000,00
|
Rp.
5.000,00
|
7.
|
KOMPOR RINAI
|
1
|
Rp.200.000,00
|
Rp.200.000,00
|
JUMLAH
|
Rp.295.000,00
|
C.
KEBUTUHAN
BAHAN BAKU
NO
|
BAHAN BAKU
|
JUMLAH
|
DALAM RIBU (Rp)
|
HARGA (RIBU Rp)
|
1.
|
KENTANG
|
2 KG
|
Rp. 6.000,00
|
Rp. 12.000,00
|
2.
|
BUMBU
PERASA
|
2 SACHET
|
Rp. 3.300,00
|
Rp. 6.600,00
|
3.
|
MINYAK GORENG
|
1 L
|
Rp. 14.500,00
|
Rp. 14.500,00
|
JUMLAH
|
Rp. 33.100,00
|
D.
KEBUTUHAN
TENAGA KERJA
Jumlah tenaga kerja produksi : 4 orang
E.
PROSES
PRODUKSI
Proses pembuatan Kentang Crispy :
1. Kupas kentang dan langsung rendam di air agar tidak
bersih dan warnanya tetap segar.
2. Potong Kentang dengan pemotong agar bentuknya menarik
dan rendam kembali di air.
3. Goreng Kentang Hingga warnanya kecoklatan dan
teksturnya gurih.
F. KAPASITAS PRODUKSI
Pada hari-hari biasa, permintaan Kentang Crispy 10
bungkus. Sementara harga Kentang Crispy yang dijual seharga Rp. 6.500,00 per
bungkus
Produksi Kentang Crispy yang diperoleh adalah 10Bungkus.
Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah permintaan Kentang Crispy oleh
pasar. Pada waktu-waktu tertentu, permintaan akan Kentang Crispy
meningkat.
G. BIAYA PRODUKSI
No
|
Jenis Produk
|
Jumlah Produk
|
1
|
Kentang Crispy
|
10 buah
|
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A. TOTAL BIAYA TETAP / INVESTASI ALAT
NO
|
JENIS ALAT
|
JUMLAH (UNIT)
|
DALAM RIBUAN (Rp)
|
Ʃ (DALAM RIBUAN Rp)
|
1.
|
PISAU
|
2
|
Rp.
5.000,00
|
Rp. 10.000,00
|
2.
|
TALENAN
|
2
|
Rp.
5.000,00
|
Rp.
10.000,00
|
3.
|
BASKOM PLASTIK
|
2
|
Rp.
10.000,00
|
Rp.
20.000,00
|
4.
|
WAJAN
|
1
|
Rp.
35.000,00
|
Rp.
35.000,00
|
5.
|
SODET & SEROKAN
|
1
|
Rp.
15.000,00
|
Rp.
15.000,00
|
6.
|
PEMOTONG KENTANG
|
1
|
Rp.
5.000,00
|
Rp.
5.000,00
|
7.
|
KOMPOR RINAI
|
1
|
Rp.200.000,00
|
Rp.200.000,00
|
JUMLAH
|
Rp.295.000,00
|
|||
Biaya Penyusutan/bulan = RP. 295.000,00/15
BULAN
|
Rp.
19.400,00
|
B. BIAYA TIDAK TETAP (VARIABEL)
NO
|
BAHAN BAKU
|
JUMLAH
|
DALAM RIBU (Rp)
|
HARGA (RIBU Rp)
|
1.
|
KENTANG
|
2 KG
|
Rp. 6.000,00
|
Rp. 12.000,00
|
2.
|
BUMBU PERASA
|
2 SACHET
|
Rp. 3.300,00
|
Rp. 6.600,00
|
3.
|
MINYAK GORENG
|
1 L
|
Rp.14.500,00
|
Rp. 14.500,00
|
4.
|
PLASTIK
|
10
|
Rp. 100,00
|
Rp. 1.000,00
|
5.
|
LABEL HARGA
|
10 LEMBAR
|
RP. 1000,00
|
Rp. 2.000,00
|
JUMLAH
|
Rp. 36.100,00
|
NO.
|
LAIN-LAIN
|
NOM./Rp
|
1.
|
Tenaga Kerja 5orang
|
-
|
2.
|
Air
|
Rp. 2.000,00
|
3.
|
Gas
|
Rp. 1.500,00
|
JUMLAH
|
Rp. 3.500,00
|
C. TOTAL BIAYA
NO.
|
ITEMS
|
JUMLAH (dalam ribu Rp)
|
1.
|
Biaya Penyusutan
|
Rp.
19.400,00
|
2.
|
Biaya Variabel
|
Rp. 36.100,00
|
3.
|
Biaya Lain-lain
|
Rp.
3.500,00
|
JUMLAH
|
Rp.
59.000,00
|
D. HARGA POKOK PENJUALAN (HPP)
TOTAL BIAYA
|
RP. 59.000,00
|
JUMLAH PRODUKSI
|
10 pcs
|
=
|
Rp. 5.900,00/pcs
|
E. LABA YANG DIHARAPKAN
10% dari HPP/Unit
|
Rp. 590,00/pcs
|
F. HARGA JUAL (HPP + LABA)
Rp. 5.900,00 + Rp. 590,00
|
Rp. 6.490,00
|
G. OMSET / PRODUKSI
HARGA JUAL x JUMLAH PRODUKSI
|
Rp. 6.490,00 x 10 pcs
|
Rp. 64.900,00
|
H. LABA BERSIH
OMSET - TOTAL BIAYA
|
Rp. 64.900,00 - Rp. 59.000,00
|
Rp. 5.900,00
|
BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN
Menurut
kami kegiatan Praktek Kewirausahaan ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan
untuk membentuk mental dan jiwa wirausaha kepada siswa khususnya
siswa-siswi SMK Negeri 1 Purbalingga. Kami sangat yakin bahwa kegiatan ini
selain dapat mensukseskan program sekolah juga akan membantu para siswa untuk
lebih berinovasi, aktif, dan kreatif dalam era global seperti sekarang dimana
menuntut persaingan yang sangat ketat.
0 komentar:
Posting Komentar