Selasa, 17 Oktober 2017

Praktek Kewirausahaan



PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
KELAS XII REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SMK NEGERI 1 PURBALINGGA

OLEH :
KELOMPOK 6 “PRIATIN”
1.             AWAL YULIANTO                 (13727)
2.             EBIT SETIAWAN                    (13730)
3.             HANAFI SAPUTRO                (13734)
4.             PUTRA ANGGA PRABIMA  (13743)

SMK NEGERI 1 PURBALINGGA
JL. MAYJEND. SOENGKONO 34 PURBALINGGA

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas proposal usaha Kentang Crispy ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Dra. Sugiyarti  selaku Guru Prakarya & Kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.


Purbalingga, 04 September 2015



                                                                                                            Penulis





DAFTAR ISI
Halaman Judul.......................................................................................................................
Kata Pengantar.......................................................................................................................
Daftar Isi................................................................................................................................
BAB IPROFIL USAHA
A.    Deskripsi Umum Usaha......................................................................................
B.     Visi, Misi, dan Tujuan.........................................................................................
C.     Jenis Usaha.........................................................................................................
D.    Produk Yang Dihasilkan.....................................................................................
BAB II KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
A.    Lingkungan Usaha..............................................................................................
B.     Kondisi Pasar......................................................................................................
C.     Rencana Pemasaran.............................................................................................
BAB III ASPEK PRODUKSI
A.    Lokasi Usaha......................................................................................................
B.     Fasilitas & Peralatan Produk...............................................................................
C.     Bahan Baku.........................................................................................................
D.    Tenaga Kerja.......................................................................................................
E.     Proses Produksi...................................................................................................
F.      Kapasitas Produksi..............................................................................................
G.    Biaya Produksi....................................................................................................
BAB IV ASPEK KEUANGAN
A.    Biaya Pemasaran, Administrasi, dan Umum.....................................................
B.     Pembiayaan dan Penggunaan Dana...................................................................
C.     Laba Rugi...........................................................................................................
BAB V PENUTUP
      Kesimpulan...............................................................................................................







BAB I
PROFIL USAHA


A.    Deskripsi Umum Usaha
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha Kentang Crispy ini, karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai Kentang karena rasanya yang enak, gurih dan nikmat. Kentang Crispy ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, Usus Kering ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi Usus Kering ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kentang Crispy ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari. 
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha Kentang Crispy, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: POTATO CRISPY. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli Kentang Crispy kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan rasa.

B.     Visi, Misi, dan Tujuan
a.       Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b.      Misi
·         Memberikan kualitas yang terbaik.
·         Memberikan pelayanan yang terbaik
·         Memberikan kepuasaan kepada konsumen
c.       Tujuan Usaha
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·         Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
·         Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·         Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha.

C.     Jenis Usaha
Kami bergerak di bidang makanan ringan. Kami memilih kegiatan usaha “Kentang Crispy” karena telah disesuaikan dengan peraturan dalam menjalani Praktek Kewirausahaan serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan kegiatan usaha ini.

D.    Produk yang Dihasilkan
Produk yang dihasilkan oleh kami. Salah satunya adalah Kentamg Crispy yang masih jarang dijumpai di pasaran karena merupakan inovasi dan kreasi baru.























BAB II
ASPEK PEMASARAN

A.    Lingkungan Usaha
Kegiatan usaha ini kami laksanakan di sekolah, khususnya di SMK Negeri 1 Purbalingga. Bidang usaha di bidang makanan memiliki peluang yang menjanjikan, karena makanan merupakan kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya siswa dan para Bapak/Ibu Guru SMK SMK Negeri 1 Purbalingga.

B.     Kondisi Pasar
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak, ukuran yang lebih unik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dengan peserta lainnya.

C.     Rencana Pemasaran
Segmen pasar yang kami bidik untuk kegiatan usaha ini adalah sekolah kami SMK Negeri 1 Purbalingga. Diperkirakan dengan jumlah siswa-siswi dan para Bapak/Ibu Guru SMK Negeri 1 Purbalingga yang mencapai kurang lebih 1000 jiwa. 70% adalah siswa siswi yang dijadikan sasaran bidik pasar. Kegiatan usaha ini kami lakukan dengan proses promosi di setiap kelas dan kantor guru. Kami juga berencana memasarkan produk kami di warung warung sekitar rumah.
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut :
1.      Faktor internal.
A.    Strengths (Kekuatan) 
·         Penyajian dari Kentang Crispy ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya. 
·         Harga dari Kentang Crispy ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen. 
·         Kentang Crispy yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan. 
·         Karna Kentang Crispy ini mempunyai banyak rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
·         Perlengkapannya mudah di dapatkan.

B.     Weakness (Kelemahan) 
·         Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
·         Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
·         Faktor kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
2.      Faktor eksternal
A.    Opportunities (Peluang / kesempatan) 
·         Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan cemilan.
·         Sebagian besar penjual Kentang Crispy yang ada hanya menawarkan rasa yang umum seperti rasa Asin maka saya bermaksud untuk memberikan rasa yang baru yaitu rasa pedas manis, keju, jagung bakar, barbeque.
·         Karna Kentang Crispy ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
B.     Threats(Ancaman)
Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi cemilan - cemilan ini, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.


















BAB III
ASPEK PRODUKSI


A.    DESKRIPSI LOKASI USAHA
Kegiatan usaha ini kami laksanakan di sekolah, khususnya di SMK Negeri 1 Purbalingga. Kami melaksanakan kegiatan usaha ini dalam mengikuti Ujian Praktek Kewirausahaan di sekolah kami , SMK Negeri 1 Purbalingga Jl. Mayjend. Soengkono 34 Purbalingga. Bidang usaha di bidang makanan memiliki peluang yang menjanjikan, karena makanan merupakan kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya siswa dan para Bapak/Ibu Guru SMK SMK Negeri 1 Purbalingga.
B.     FASILITAS DAN PERALATAN PRODUKSI
Fasilitas yang kami gunakan dalam memproduksi usaha dagang Kentang Crispy , adalah sebagai berikut  :
NO
JENIS ALAT
JUMLAH (UNIT)
 DALAM RIBUAN (Rp)
Ʃ (DALAM RIBUAN Rp)
1.
PISAU
2
Rp.   5.000,00
Rp.  10.000,00
2.
TALENAN
2
Rp.   5.000,00
Rp.  10.000,00
3.
BASKOM PLASTIK
2
Rp.  10.000,00
Rp.  20.000,00
4.
WAJAN
1
Rp.  35.000,00
Rp.  35.000,00
5.
SODET & SEROKAN
1
Rp.  15.000,00
Rp.  15.000,00
6.
PEMOTONG
KENTANG
1
Rp.    5.000,00
Rp.    5.000,00
7.
KOMPOR RINAI
1
Rp.200.000,00
Rp.200.000,00
JUMLAH
Rp.295.000,00


C.     KEBUTUHAN BAHAN BAKU
NO
BAHAN BAKU
JUMLAH
DALAM RIBU (Rp)
HARGA (RIBU Rp)
1.
KENTANG
2 KG
Rp. 6.000,00
Rp. 12.000,00
2.
BUMBU
PERASA
2 SACHET
Rp. 3.300,00
Rp. 6.600,00
3.
MINYAK GORENG
1 L
Rp.   14.500,00
Rp. 14.500,00
JUMLAH
Rp. 33.100,00


D.    KEBUTUHAN TENAGA KERJA
Jumlah tenaga kerja produksi : 4 orang
E.     PROSES PRODUKSI
Proses pembuatan Kentang Crispy  :
1.      Kupas kentang dan langsung rendam di air agar tidak bersih dan warnanya tetap segar.
2.      Potong Kentang dengan pemotong agar bentuknya menarik dan rendam kembali di air.
3.      Goreng Kentang Hingga warnanya kecoklatan dan teksturnya gurih.
F.      KAPASITAS PRODUKSI
Pada hari-hari biasa, permintaan Kentang Crispy 10 bungkus. Sementara harga Kentang Crispy yang dijual seharga Rp. 6.500,00 per bungkus
Produksi Kentang Crispy yang diperoleh adalah 10Bungkus. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah permintaan Kentang Crispy oleh pasar.  Pada waktu-waktu tertentu, permintaan akan Kentang Crispy meningkat.
G.    BIAYA PRODUKSI

No
Jenis Produk
Jumlah Produk
1
Kentang Crispy
10 buah























BAB IV
ASPEK KEUANGAN


A.    TOTAL BIAYA TETAP / INVESTASI ALAT

NO
JENIS ALAT
JUMLAH (UNIT)
 DALAM RIBUAN (Rp)
Ʃ (DALAM RIBUAN Rp)
1.
PISAU
2
Rp.   5.000,00
Rp. 10.000,00
2.
TALENAN
2
Rp.   5.000,00
Rp.  10.000,00
3.
BASKOM PLASTIK
2
Rp.  10.000,00
Rp.  20.000,00
4.
WAJAN
1
Rp.  35.000,00
Rp.  35.000,00
5.
SODET & SEROKAN
1
Rp.  15.000,00
Rp.  15.000,00
6.
PEMOTONG KENTANG
1
Rp.    5.000,00
Rp.    5.000,00
7.
KOMPOR RINAI
1
Rp.200.000,00
Rp.200.000,00
JUMLAH
Rp.295.000,00
Biaya Penyusutan/bulan = RP. 295.000,00/15 BULAN
Rp.  19.400,00



B.     BIAYA TIDAK TETAP (VARIABEL)

NO
BAHAN BAKU
JUMLAH
DALAM RIBU (Rp)
HARGA (RIBU Rp)
1.
KENTANG
2 KG
Rp.  6.000,00
Rp. 12.000,00
2.
BUMBU PERASA
2 SACHET
Rp.  3.300,00
Rp.   6.600,00
3.
MINYAK GORENG
1 L
Rp.14.500,00
Rp. 14.500,00
4.
PLASTIK
10
Rp.     100,00
Rp.   1.000,00
5.
LABEL HARGA
10 LEMBAR
RP.   1000,00
Rp.   2.000,00
JUMLAH
Rp. 36.100,00



NO.
LAIN-LAIN
NOM./Rp
1.
Tenaga Kerja 5orang
-
2.
Air
Rp. 2.000,00
3.
Gas
Rp. 1.500,00
JUMLAH
Rp. 3.500,00



C.     TOTAL BIAYA
NO.
ITEMS
JUMLAH (dalam ribu Rp)
1.
Biaya Penyusutan
Rp.   19.400,00
2.
Biaya Variabel
Rp.   36.100,00
3.
Biaya Lain-lain
Rp.     3.500,00
JUMLAH
Rp.   59.000,00










D.    HARGA POKOK PENJUALAN (HPP)

TOTAL BIAYA
RP.  59.000,00
JUMLAH PRODUKSI
10 pcs
 =
Rp. 5.900,00/pcs


E.     LABA YANG DIHARAPKAN

10% dari HPP/Unit
Rp. 590,00/pcs


F.      HARGA JUAL (HPP + LABA)

Rp. 5.900,00 + Rp. 590,00
Rp. 6.490,00


G.    OMSET / PRODUKSI

HARGA JUAL x JUMLAH PRODUKSI
Rp. 6.490,00 x 10 pcs
Rp. 64.900,00


H.    LABA BERSIH

OMSET - TOTAL BIAYA
Rp. 64.900,00 - Rp. 59.000,00
Rp.   5.900,00








BAB V
PENUTUP


KESIMPULAN

Menurut kami kegiatan Praktek Kewirausahaan ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan untuk membentuk mental dan jiwa wirausaha kepada siswa khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Purbalingga. Kami sangat yakin bahwa kegiatan ini selain dapat mensukseskan program sekolah juga akan membantu para siswa untuk lebih berinovasi, aktif, dan kreatif dalam era global seperti sekarang dimana menuntut persaingan yang sangat ketat.

0 komentar:

Posting Komentar