Selasa, 17 Oktober 2017

Laporan Prakerin (Praktek Kerja Industri)



BAB I
PENDAHULUAN
            SMK Negeri 1 Purbalingga dalah suatu Lembaga Pendidikan Kejuruan yang mempunyai tugas untuk dapat menghasilkan siswa-siswi yang terampil dalam bidang penguasaan Bisnis dan Manajamen dalam dunia kerja, tangguh, berdedikasi tinggi serta mampu berinteraksi dalam dunia kerja.
            Di dalam mencapai tujuan yang mulia tersebut, maka setiap siswa-siswi kami harus menguasai berbagai kemampuan dan ketrampilan dasar, serta harus memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas dalam Ilmu Bisnis dan Manajemen.
            Agar dapat mencapai tujuan tersebut, maka salah satu cara adalah dengan menerjunkan siswa-siswi kami langsung pada sunia kerja yang sebenarnya. PRAKERIN ini dilakasanakan untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan siswa-siswi kami dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang telah penulis dapat pada objek secara langsung. Pengaturan pelaksanaan PRAKERIN dilakukan oleh sekolah dengan mempertimbangkan kesediaan lembaga atau dunia kerja untuk dapat menerima siswa-siswi kami yang akan melaksanakan PRAKERIN. Struktur program kurikulum, kalender pendidikan pada tahun ajaran tersebut akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi keadaan setempat.
            Dengan diadakannya PRAKERIN saat ini sangatlah baik dan berguna bagi setiap siswa-siswi SMK NEGERI 1 PURBALINGGA mendapatkan suatu gambaran yang nyata dalam menjajaki dunia kerja dan menerapkan apa-apa yang telah didapatkan dari akademi pada pekerjaan yang akan digeluti, sehingga bila mereka terjun ke dunia kerja tidak mendapatkan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dapat menerapkan keahlian profesi yang dimiliki.






1.1       Latar Belakang
Pada saat ini hampir semua sekolah menengah kejuruan mewajibkan siswa untuk melaksanakan kegiatan prakerin. Begitu juga dengan SMK NEGERI 1 PURBALINGGA dengan dasar agar dapat lebih memahami teori yang didapat selama kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan mengenal dunia luar atau dunia kerja .
Dimana dengan adanya Prakerin siswa dapat terjun langsung kedunia kerja yang nantinya akan menjadi pekerjaannya siswa juga dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan selama belajar di sekolah dan yang paling utama adalah siswa dapat  memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan siswa dapat menuliskan hasil Prakerin tersebut dalam bentuk laporan.
            Kegiatan Prakerin ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK dan begitu juga di SMK NEGERI 1 PURBALINGGA, agar siswa dapat membandingkan antara materi di sekolah dengan dunia kerja .



1.2       Maksud Dan Tujuan
Kegiatan Praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan untuk setiap siswa/siswi merupakan program keahlian yang tentunya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan dapat dicapai oleh siswa.
Adapun tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk :
-        Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
-        Memperkokoh Link and Match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.
-        Meningkatakan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
-        Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.
-        Membekali siswa dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia kerja, sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat.
-        Siswa dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, dalam memecahkan berbagai masalah atau kesulitan yang ditemuinya.
-        Untuk merealisasikan pengetahuan yang didapat dari sekolah dengan pekerjaan yang sebenarnya di perusahaan.
-        Memperluas pandangan dan wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di bidang bersangkutan dan di tempat praktek dengan segala persyaratan.

1.3       Tempat Prakerin
CV. Global Technology Solution.
Jl. Overste Isdiman Jatiwinangun No. 68 B, Purwokerto.



BAB II
KEGIATAN PRAKERIN

2.1       Alamat Prakerin
CV. Global Technology Solution.
Jl. Overste Isdiman Jatiwinangun No. 68 B, Purwokerto.

2.2       Profil Perusahaan
CV. Global Technology Solution merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang dan jasa baik di lingkungan instansi pemerintah maupun swasta. Dengan merk dagang Primatech, Focus, Duma, dan Datafile. Perusahaan ini mengusung produk-produk IT (Information Technology) dan alat kantor (Office Equipment).
VISI DAN MISI PERUSAHAAN
VISI
Menjadikan perusahaan yang berkah bagi seluruh stake holder dan memberikan solusi yanng tepat dan mengedukasi masyarakat secara holistik.
MISI
  1. Memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat unutk tercapainya kepuasan dan loyalitas customer
  2. Menjadi sahabat bagi setiap customer baik personal maupun kelompok, dalam memenuhi kebutuhannya dengan ditunjang pelayanan dan service yang professioal dan di dukung oleh tenaga ahli yang handal, amanah dan terpercaya.

2.3       Kegiatan Prakerin
Kegiatan kami selama Prakerin seperti :
1.      Instalasi PC/Laptop
2.      Update Database
3.      Instalasi CCTV
4.      Cek Barang Masuk
5.      Dropping Barang
6.      Demo Pelatihan


BAB III
HASIL PRAKERIN
3.1       Membuat Banner
            Kami ditugaskan membuat banner untuk memperbarui gambar header dari website GTS dalama rangka tahun baru 2015.
Langkah-langkah :

3.2       Tampilan Website
      
GTSShop adalah program yang rencananya akan kami dedikasikan untuk CV. Global Technologi Solution. Kami membuat program berupa online shop, alasan kami memilih program online shop adalah kegiatan dari CV. Global Technologi Solution yang berupa penjualan perlatan kantor dan juga instalasi jaringan sehingga dengan menggunakan online shop dapat lebih memudahkan terutama dalam bidang pemasaran. Walaupun GTS sudah memiliki website sendiri tetapi kami melihat masih ada kekurangan dari websitenya sehingga kami berinisiatif untuk membuat website baru untuk GTS.



BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja Industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama kami melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di CV. Global Technology Solution, kami merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Praktek Kerja Industri telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada CV. Global Technology Solution yang telah bersedia menerima kami apa adanya untuk melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) dan bersedia mendampingi kami selama Prakerin berlangsung.

4.2 Saran
Saran kami untuk kedepannya semoga kegiatan prakerin lebih di perhatikan lagi oleh sekolah terutama tempat kegiatan prakerin agar lebih sesuai dengan jurusan masing masing dan juga siswa benar benar dapat mengimplementasikan hasil belajarnya.

4.3 Penutup
Dengan segenap kekurangan dan keterbatassan yang dimiliki, kami menyarankan bagi semua pembaca khususnya siswa-siswi SMK NEGERI 1 PURBALINGGA terutama adik kelas agar lebih bersemangat dan  bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program yang diadakan disekolah dan bagi semua teman seperjuangan agar tetap bersemangat dan berjuang dalam mengembangkan potensi diri dan menjaga nama baik sekolah.
Sebuah karya pasti mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, kami merasa bahwa karya yang telah dibuat ini masih banyak kekurangannya oleh karena itu kami senantiasa mengharapkan saran dan kritik yang dapat membangun semangat kami agar dapat membuat yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk saran dan kritiknya dapat menghubungi sekolah atau pihak yang bersangkutan.
Sebagai kata penutup dalam penulisan tugas akhir ini,  kami panjat puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga dengan penuh kesabaran, ketabahan, dan jerih payah penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semoga apa yang telah penulis paparkan dalam tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi diri kami khususnya dan pembaca pada umumnya. Hanya kepada Allah lah segalanya penulis kembalikan, sebab di tangan-Nyalah sumber segala kebenaran. Bila ada sedikit kebenaran dalam tugas ahir ini semata-mata datangnya dari Allah SWT.
Demikianlah penulisan laporan ini dibuat, semoga bermanfaat. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam kegitan ini. Hanya ini yang dapat kami susun selama melakukan kegiatan prakerin di CV. Global Technology Solution.

0 komentar:

Posting Komentar